Kembali ke Intisari News
January 28, 2022
Ampun Monsieur Peugeot!
Demi anak, pengusaha otomotif rela menebus dengan uang.
Demi anak, pengusaha otomotif rela menebus dengan uang. (Intisari Plus)
Penulis Intisari Plus
Editor Ade S

Intisari PlusSudah seminggu lamanya sebuah limusin hitam - Peugeot 403 meluncur setiap hari di Avenue Victor Hugo yang megah di Paris. Mobil mewah itu diparkir di seberang rumah jutawan mobil Roland Peugeot.

Sopir mobil lalu keluar, menyeka badan mobil, kaca, dan memeriksa ban. Orang-orang mengira mobil itu milik salah seorang kaya yang tinggal di jalan itu.

Yang jelas pengasuh anak-anak keluarga Peugeot sama sekali tidak curiga. Nona Jeanne Germanio tiap sore melewati mobil itu dengan membawa anak-anak asuhannya: Jean Philippe Peugeot (7) dan Eric Peugeot (4). Pada saat itu mereka biasa berjalan-jalan dengan mobil atau berjalan kaki.

Seandainya Germanio atau siapa saja lebih cermat memperhatikan limusin itu, mereka akan melihat sebuah lubang kecil di bagian bagasinya. Di dalamnya melingkar seorang pria yang mengintip gerak-gerik anak-anak Peugeot dari lubang yang sengaja dibuat. Ia mencatat kapan mereka keluar rumah dan kapan kembali.

Mobil mewah itu sebenarnya mobil curian, dilarikan dari jantung Kota Paris dua bulan sebelumnya. Kini sudah dicat warna lain. Dengan pelat nomor yang berbeda.

Hari Selasa sore, 12 April 1960, Jean Philippe dan Eric seperti biasa meninggalkan rumah. Germanio menemani mereka, begitu pula ibu mereka, Colette Peugeot. Hari itu Colette ada janji bertemu dengan para istri orang kaya di Klub Golf St. Cloud.

Mereka berempat masuk ke dalam mobil mereka, sebuah Peugeot tentu saja. Mobil meluncur pergi. Beberapa detik kemudian limusin hitam itu menguntit mobil keluarga Peugeot dari jarak yang tidak mencurigakan.

Ketika Ny. Peugeot masuk ke ruang klub untuk ngobrol perihal suaminya, anak-anak, liburan, dan pakaian dengan teman-temannya, Germanio dan kedua anaknya melewatkan waktu mereka.

Jangan biarkan penasaranmu tergantung.
Akses tanpa batas dengan Intisari Plus.