Kembali ke Intisari News
April 29, 2022
Reaktor Nuklir Irak dan Kebetulan yang Sial
Kisah Keduabelas
Kisah Keduabelas (Miguel-a-amutio)
Penulis Intisari Plus
Editor Ade S

Intisari Plus - Sinyal penyerangan Jepang atas Pearl Harbor ternyata tak sengaja termuat di iklan. Seorang buronan polisi tertangkap gara-gara salah menelepon. Pelat film yang sudah pernah dipakai, kembali didapatkannya setelah perang.

---------------------------------------

Reaktor Nuklir Irak

ROBERT Hutchenson sudah dua tahun menyusun sebuah cerita rekaan tentang Israel menyerang sebuah reaktor nuklir Irak. Tahun 1981, ketika ia masih dalam taraf menyelesaikan novel tersebut, kejadian itu benar-benar terjadi.

 

Suatu Kebetulan Besar

TANGGAL 22 November 1941, 16 hari sebelum Jepang menyerang Pearl Harbor, The New Yorker memasang dua iklan untuk permainan dadu yang baru, yang dinamai The Deadly Double (Ganda yang Mematikan). Salah satu dari iklan itu berjudul ACHTUNG. WARNING. ALERTE! (HATI-HATI! berturut-turut dalam bahasa Jerman, Inggris dan Prancis). Di bawahnya tertulis kata-kata THE DEADLY DOUBLE, dan di bawahnya lagi ada elang berkepala dua (seperti lambang Jerman) dengan memakai perisai di dadanya yang menggambarkan dua silang (double-cross = memperdayakan). 

Iklan lain memperlihatkan dua dadu, satu hitam, satu putih, masing-masing kelihatan tiga permukaannya. Pada permukaan dadu putih tertulis angka 12 dan 24 dan dua silang. Pada permukaan dadu hitam tertulis angka 0, 5, dan 7. Di atas dadu-dadu itu kata-kata berhuruf besar, ACHTUNG, WARNING, ALERTE! diulang kembali. 

Jangan biarkan penasaranmu tergantung.
Akses tanpa batas dengan Intisari Plus.