Kembali ke Intisari News
November 11, 2022
Tergiur Simpanan Janda Tua
Tergiur Simpanan Janda Tua
Tergiur Simpanan Janda Tua (yeş)
Penulis Intisari Plus
Editor Ade S

Intisari Plus - Nyonya Owen, janda tua bekerja di sebuah bangunan. Karena tidak punya kebutuhan, ia punya banyak tabungan. Namun justru karena itulah ia jadi sasaran kejahatan.

-------------------

Sudah tiga hari ini setiap pukul 16.00, Polly Burton tekun memperhatikan sesosok pria yang sering duduk sendirian di sebuah sudut jalan di Norfolk Street Strand, Inggris. Segala gerak-gerik pria setengah baya itu seolah tidak pernah Iepas dari pandangan Polly, yang leluasa mengamati dari sebuah kafe, puluhan meter dari pria itu. Polly yakin, si pria tidak menyadari pengintaian ala cerita spionase yang dilakukannya.

Orang yang tahu perbuatan Polly pasti akan mengecapnya sebagai kurang kerjaan. la juga tidak begitu mengerti, apa yang mendorongnya berbuat demikian. Hanya saja, nalurinya sebagai wartawan Iepas meyakini lelaki itu mungkin tahu sesuatu tentang peristiwa pembunuhan Nyonya Owen, yang menggegerkan kota kecil yang biasanya tenang ini. Masyarakat sendiri masih berspekulasi, apakah sang janda mati dibunuh, kecelakaan, atau bunuh diri?

Pria itu selalu duduk di sebuah kursi taman, di tepi sebuah jalan yang tidak terlalu ramai. Pada tempat, posisi, dan waktu yang sama. Penampilannya terlihat seadanya, jika tidak bisa dikatakan lusuh hingga orang sulit menerka pekerjaan sehari-hari dan apa yang dilakukan si pria selama berjam-jam di tempat itu. Sesekali ia terlihat gelisah seperti sedang menantikan sesuatu sambil terus mengisap rokoknya. Sudah beberapa hari ini tak seorang pun menyapa.

Setelah duduk, merokok, atau membaca koran sore selama dua sampai tiga jam, biasanya pria itu akan pergi. Dalam buku catatannya, Polly sebenarnya sudah mengumpulkan beragam fakta tentang kasus pembunuhan misterius itu. Semua berasal dari keterangan polisi yang serba resmi, kesaksian orang-orang di sekitar, serta dugaan-dugaan berbagai kalangan yang kadang tidak masuk akal. Fakta-fakta yang sama sekali tidak menarik untuk sebuah tulisan investigatif peristiwa kriminal.

Kini peluang terakhir untuk mendapat tambahan keterangan adalah dari sumber-sumber tidak terduga. Salah satunya dari pria berpenampilan lusuh itu. Hari ini, di hari keempat pengintaiannya, Polly membulatkan tekad untuk menghampirinya.

“Yang pasti, peristiwa itu bukan sebuah kecelakaan atau bunuh diri,” kata pria itu menunjukkan sikap acuh tak acuh. 

Jangan biarkan penasaranmu tergantung.
Akses tanpa batas dengan Intisari Plus.