Kembali ke Intisari News
May 16, 2023
Korbannya Semua Pembantu Rumah Tangga
Korbannya Semua Pembantu Rumah Tangga
Korbannya Semua Pembantu Rumah Tangga (INTISARI)
Penulis Ade S
Editor Ade S

Intisari Plus - Kedua pasangan suami istri kerap menjebak wanita untuk dirampok. Semua korbannya adalah para pembantu rumah tangga yang mencari kerja di rumah keluarga kaya.

--------------

Bulan Januari tahun 1891 pembantu rumah tangga bernama Marie Hottwanger menyewa sebuah kamar dengan perabotnya pada suami istri Steiner di Jalan Mariahilfer 43 di Wina.

Marie adalah seorang wanita suka dengan kebersihan dan menabung. la hidup dengan tenang dan di pagi hari mencari tempat kerja. Sekali ia berhasil, akan tetapi sesudah dua minggu kembali lagi ke tempat penginapannya, karena ternyata tempat kerja kurang sesuai. Marie Hottwanger selalu menjadi pembantu di rumah-rumah orang kaya dan kini pun ingin menjadi pembantu di rumah tangga yang sesuai. Akan tetapi pada waktu ia mencari pekerjaan itu ia harus mengorbankan segala uang tabungannya.

Karena tidak mendapat kerja, maka pada tanggal 2 Juli ia mendaftarkan diri pada biro yang membantu mencari pekerjaan bernama Meixner di Franziskanerplatz. Ketika ia sedang mendaftarkan, datang seorang wanita kurus dan kecil yang berbicara dengan beberapa wanita pencari kerja. Wanita itu mengatakan bahwa ia adalah pengurus rumah tangga dari “Villa Hauser” di Rekawinkel.

Majikannya telah memerintahkan untuk mencari seorang pembantu yang ramah dan pembantu itu dapat segera masuk kerja. Selanjutnya ia menceritakan bahwa wanita yang berhasil mendapat pekerjaan di situ benar-benar beruntung. Ia membeberkan keadaan rumah tangga. Kemudian ia akhirnya bertanya kepada Marie Hottwanger yang sudah beberapa waktu diperhatikannya, apakah Marie tidak mempunyai keinginan untuk pergi dengannya ke Rekawinkel.

Marie Hottwanger berpikir-pikir. Sudah lama mencari pekerjaan yang baik, ia beruntung kalau kali ini pekerjaan sesuai keinginannya. Akan tetapi barang-barang berharga tidak mau dibawanya dahulu, mungkin nanti ia tidak senang dengan rumah tangga di situ ataupun tidak cocok dengan majikan. Pengurus rumah tangga itu setuju dan mengatakan mau mengantarkan pembantu rumah tangga yang baru itu ke rumah penginapannya, di mana Marie ingin mengambil sedikit uang.

Pada waktu yang bersamaan maka di depan biro jasa, di sebuah restoran, duduklah Karl Horning, kekasih Marie Hottwanger. Ia melihat kedua wanita itu keluar dari biro jasa, akan tetapi ia tidak mengikuti mereka. Pasalnya, ia mengira bahwa tentu Marie mendapat pekerjaan dan mungkin tidak menyenangkan kalau majikan langsung mengetahui bahwa ia mempunyai kekasih. 

Jangan biarkan penasaranmu tergantung.
Akses tanpa batas dengan Intisari Plus.