Kembali ke Intisari News
August 03, 2022
Pikiran Bawah Sadar yang Misterius
Pikiran Bawah Sadar yang Misterius
Pikiran Bawah Sadar yang Misterius (Natasha Connell)
Penulis Intisari Plus
Editor Ade S

Intisari Plus - Salah satu sumbangan paling berarti dari psikologi modern adalah perhatiannya pada "proses mental bawah sadar". "Pikiran bawah sadar" ini dikembangkan melalui riset yang dilakukan oleh ilmu psikologi modern yang dikenal sebagai psikoanalisis. Hebatnya, ilmu ini muncul dari dunia ilmu kedokteran. Tokoh-tokoh utama ilmu ini adalah Sigmund Freud, Alfred Adler, dan Carl Gustav Jung. Orang-orang hebat inilah yang dulu berkutat menguak misteri proses bagaimana pikiran bawah sadar bekerja.

--------------------------

Mereka membandingkan pikiran kita dengan puncak gunung es yang terapung di atas permukaan air. Bagian terbesar dari gunung es berada di bawah permukaan air dan hanya sebagian kecil yang kasat mata. Bagian yang terlihat itu hanya seperdelapan dari keseluruhan, sedangkan tujuh perdelapan sisanya tersembunyi di bawah permukaan air.

Pikiran kita dibagi menjadi dua bagian: pikiran sadar dan pikiran bawah sadar. Proses mental pikiran sadar mencakup perilaku kita dalam keadaan sadar (waking life) dengan bermacam aktivitas seperti merasa, mengingat, berimajinasi, berargumen, dan berpikir. Jadi, bagian terbesar dari pikiran kita merupakan proses mental pikiran bawah sadar yang tidak dapat kita ketahui secara langsung.

Pikiran bawah sadar punya peranan penting dalam kehidupan manusia. Hal itu tampak pada berbagai kesalahan yang sering kita buat, misalnya ketinggalan saputangan di tempat teman, mencari-cari bolpoin yang sedang dipegang di tangan, atau membaringkan tongkat di ranjang lalu berdiri di sudut ruangan. Selain keseleo lidah, kita juga bisa keseleo pena, yang banyak juga terjadi. Orang ingin mengucapkan kata "kapur", tapi yang terucap justru kata "kabur". Ada banyak kejadian keseleo pena saat kita menuliskan sebuah kata. Bukan karena kita tidak tahu ejaannya, tapi karena ejaan yang salah keluar begitu saja.

Bukti terpenting adanya pikiran bawah sadar kita temukan dalam tidur. Saat itu pikiran bawah sadar kita justru paling aktif. Sering kita mengalami, ketika menghadapi soal matematika atau fisika yang sulit lalu kita pergi tidur, esok paginya kita terbangun dengan sebuah jawaban. Kita juga sering menghadapi persoalan sulit dalam kehidupan pribadi maupun sosial dan tidak dapat menemukan solusinya. Jalan keluar dari persoalan sulit itu kadang muncul sewaktu kita sedang tidur. Dan ketika bangun esok harinya, kita mendapatkan petunjuk lewat pikiran, yang sangat membantu penyelesaian situasi sulit itu. Jadi, selama tidur pikiran sadar kita berhenti bekerja, sementara pikiran bawah sadar justru punya banyak waktu untuk bekerja.

Tidur dan mimpi selalu erat kaitannya. Ihwal mimpi sudah dibicarakan dalam bab sebelumnya, tapi di sini kita akan melihat mimpi seorang ilmuwan, yang menemukan struktur benzena (bensol, C6H6) berkat bantuan pikiran bawah sadarnya. Nama ilmuwan yang mendapatkan temuan lewat mimpi itu August Kekule. la hendak menyusun ikatan atom hidrogen (H) dan karbon (C) hingga membentuk struktur bensol. Ternyata solusi itu muncul suatu hari ketika ia sedang dalam keadaan setengah tidur—keadaan antara terjaga dan tidur. Ia melihat molekul bensol dalam bentuk seperti seekor ular yang melilit lingkaran. Begitu terbangun, Kekule mendapatkan jawaban atas persoalan yang dia hadapi: enam atom karbon membentuk cincin dengan satu atom hidrogen terikat pada setiap atom karbon. Temuan Kekule akhirnya menjadi basis industri zat pewarna yang maju di Jerman.

Ada beberapa kasus lain menyangkut penyair, pemikir, dan seniman hebat yang dibimbing oleh mimpi mereka sehingga memberikan karya-karya terbaik bagi dunia. Johann Wolfgang von Goethe—penyair, ilmuwan, dan filsuf besar Jerman—tidak hanya menyelesaikan banyak masalah ketika sedang tidur, tapi juga menggubah puisi lewat inspirasi yang ia terima dalam mimpi. Disebutkan pula, Samuel Taylor Coleridge (penyair ternama asal Inggris di akhir abad XVIII) juga menciptakan puisinya yang dianggap berbobot, Kubla Khan, lewat mimpinya. Di sini peranan pikiran bawah sadar tampak jelas.

Jangan biarkan penasaranmu tergantung.
Akses tanpa batas dengan Intisari Plus.