Kembali ke Intisari News
August 03, 2022
Kota Raja Krishna, Benarkah Ada?
Kota Raja Krishna
Kota Raja Krishna (Darshan Patel)
Penulis Intisari Plus
Editor Ade S

Intisari Plus - Apakah Dwarika, tempat tinggal Raja Krishna, memang betul ada atau tidak? Selama berabad-abad banyak orang melakukan doa di tempat ini. Mereka mempercayainya sebagai kota suci. Namun, belakangan ini para ahli purbakala mulai membicarakan adanya Dwarika yang terletak di tempat lain. Beberapa petunjuk telah ditemukan di bawah perairan biru Laut Arab. Pencarian terus berlanjut untuk menemukan Dwarika, Dwarika Kota Emas, seperti yang disebutkan dalam kitab-kitab suci. Apakah ini mitos atau kenyataan, hanya waktu yang bisa mengungkapnya.

--------------------

Tidak ada tempat lain yang lebih penting dan berharga bagi para arkeolog selain India, sebab sejarahnya kaya akan mitos dan legenda. Di tengah banyaknya mitos dan legenda, sungguh sulit jadinya menggali fakta-fakta dari cerita rekaan. Salah satu tokoh legenda itu adalah Dewa atau Raja Krishna. Negerinya, Dwarika, diyakini terletak di Mathura, tapi sejumlah ahli purbakala telah menemukan beberapa jejak Kota Emas itu di Laut Arab.

Para arkeolog dan pakar sejarah, yang berpendapat kalau Negeri Dwarika terletak di Laut Arab, memperkuat anggapan mereka dengan pendapat-pendapat seperti berikut ini.

Mengacu pada epos Mahabharata, Kansa telah diberi tahu tentang takdirnya yang kejam saat dia membawa saudara perempuannya yang baru saja menikah, Devaki, dan suaminya, Vasudeva, kembali ke rumah mereka. Dia telah diperingatkan kalau anak kedelapan dari pasangan itu dinyatakan bakal menyebabkan kematian dirinya (Kansa). Percaya akan ramalan yang belum pasti benar, Kansa justru berbuat keji terhadap saudarinya. Dia membunuh semua anak saudarinya itu. 

Namun, dia tidak bisa lolos dari takdirnya. Anak kedelapan, yang kemudian dikenal sebagai Raja Krishna, berhasil selamat, dan ramalan pun digenapkan dengan terbunuhnya Kansa oleh Raja Krishna. Sorak sorai kemenangan bergema di mana-mana, tetapi di Magadha ayah angkat Kansa, Jarasandha, bersumpah untuk membalas dendam. Dia berulang kali menyerang untuk mendesak Raja Krishna meninggalkan Mathura. Kemudian dia pergi ke Saurashtra dan mendirikan Dwarika Nagari di reruntuhan Kota Kusasthali, yang pernah didirikan oleh Revata 200 tahun yang lalu. Revata yang merupakan putra Anarta adalah leluhur Raja Krishna.

Naskah yang diambil dari Harivansa (bagian akhir dari epos Mahabharata) itu lebih lanjut mengisahkan tentang negeri Raja Krishna yang ditumbuhi pohon kelapa dan tetumbuhan lain secara berlimpah. Akan tetapi karena wilayah daratan kurang mencukupi, maka sebagian laut juga dimasukkan menjadi bagian dari wilayah kerajaan, dan atas titah Raja Krishna air laut itu pun menyusut sehingga membentuk daratan.

Kisah itu terus berlanjut, selama 36 tahun negeri itu tumbuh menjadi negeri yang makmur. Setelah Raja Krishna "mukti" (wafat), laut itu mendatangkan bencana bagi Dwarika. Akan tetapi Raja Krishna telah mengetahui lebih dulu malapetaka itu sebelum terjadi. Lalu ia memerintahkan Arjuna untuk mengosongkan negeri itu dalam waktu tujuh hari setelah kematiannya. Arjuna mematuhi perintah Raja Krishna, dan sesaat setelah semua warga pergi meninggalkan kota, air laut mengalir dahsyat dan dalam sekejap seluruh kota tenggelam. Tidak ada satu pun tanda-tanda kehidupan yang tersisa.

Jangan biarkan penasaranmu tergantung.
Akses tanpa batas dengan Intisari Plus.