Kembali ke Intisari News
April 29, 2022
Kaisar Franz dari Austria dan Papirus Bertemu Jodohnya
Kisah Keenam Belas
Kisah Keenam Belas (Michael-blum)
Penulis Intisari Plus
Editor Ade S

Intisari Plus - Sebuah kutukan dari bangsawan Hongaria membuat kacau Austria. Selamat dari kecelakaan di laut, tapi menemui maut di sebuah parit. Tiga Paus punya kesamaan dengan sebuah tanggal.

---------------------------------------

Kaisar Franz dari Austria

TAHUN 1849, Kaisar Franz Josef dari Austria yang waktu itu baru berumur 19 tahun, dikunjungi oleh seorang wanita bangsawan Hongaria yang tidak terkenal. Wanita itu menuduh Franz Josef membunuh putranya. Michael Karoli yang masih muda itu dihukum mati atas perintah Baron Julius von Haynau, jenderal balatentara Franz Josef, saat sang jenderal mencoba memadamkan pemberontakan Hongaria terhadap Kekaisaran Austria. 

Setelah menyatakan tuduhannya, Countess (Bendara Raden Ayu) Karoli melontarkan kutukan yang terdiri atas 5 bagian: "Semoga surga dan bumi menghancurkan kebahagiaanmu. Semoga keluargamu dimusnahkan. Semoga engkau dikhianati oleh orang-orang yang kamu cintai. Semoga hidupmu hancur. Semoga anak-anakmu dihancurkan hidupnya." 

Kutukan itu rupanya menjadi kenyataan. Lebih dari belasan keluarga dekatnya tewas akibat kekerasan. Sebagian lagi dimakzulkan, terlihat dalam skandal atau mengalami pernikahan yang berantakan. 

Franz Josef menikah dengan Elizabeth yang berumur 16 tahun, yang sangat dicintainya. Namun mereka cuma setia beberapa minggu, sebelum Elizabeth menemukan kekasih dan kaisar mencari hiburan di luar pernikahan. 

la segera menghadapi masalah-masalah lain. Austria berperang dengan Prancis, Sardinia, dan Prusia dan kalah dalam semua peperangan itu. Kekaisarannya menciut dan Austria tersingkir dari Konfederasi Jerman. Tahun 1867, ipar istrinya, Maximilian, dicampakkan dari kedudukan sebagai Kaisar Meksiko dan ditembak oleh regu penembak. 

Jangan biarkan penasaranmu tergantung.
Akses tanpa batas dengan Intisari Plus.