Kembali ke Intisari News
August 03, 2022
Tergelincir ke Masa Lalu atau Masa Depan
Tergelincir ke Masa Lalu atau Masa Depan
Tergelincir ke Masa Lalu atau Masa Depan (Kevin Ku)
Penulis Intisari Plus
Editor Ade S

Intisari Plus - Bagaimana kita bisa menggambarkan seseorang yang tiba-tiba tergelincir masuk ke dalam waktu dan tempat yang berbeda, dan setelah melakukan perjalanan beberapa saat, orang itu kembali ke masa sekarang? Senada dengan itu, ada juga orang yang punya kemampuan melompat ke masa depan. Selagi kedua fenomena itu masih membuat kita bingung, peristiwa semacam itu barangkali bukan sesuatu yang biasa terjadi. Sejumlah orang merasa yakin pernah mengalami peristiwa luar biasa seperti itu. Bagaimana dan mengapa waktu berperilaku di luar karakteristiknya dengan cara-cara yang aneh?

---------------------------

Mari kita simak pengalaman seorang lelaki tua dari Norfolk, yang kita sebut saja dengan nama Pak Tupai. Hobi satu-satunya Pak Tupai mengoleksi koin. Dia biasa menyimpan koin di dalam amplop-amplop plastik. Pada tahun 1973, Pak Tupai datang ke sebuah toko khusus untuk membeli amplop. Dia belum pernah mengunjungi toko itu. Pak Tupai mendapati suasana yang sangat khas di toko itu. 

Akan tetapi sebelum dia sempat mengagumi suasana unik toko itu, seorang perempuan muda menghampirinya. Kepada gadis itu Pak Tupai lalu minta dicarikan amplop istimewa untuk menyimpan koin-koinnya. Kemudian gadis itu mengeluarkan sejumlah amplop dari kotak yang penuh dengan barang aneh. Gadis itu berkata kalau para awak kapal biasa membeli amplop-amplop semacam ini untuk digunakan sebagai wadah mata kail. Sesudah membayar, Pak Tupai keluar meninggalkan toko.

Seminggu kemudian, Pak Tupai kembali berkunjung ke toko itu untuk membeli amplop lagi. Kali ini dia betul-betul terkejut karena tempat itu sudah berubah. Bagian luar maupun bagian dalam toko itu gelap dan kelihatan bobrok. Selain itu, pelayan tokonya bukanlah seorang gadis muda, melainkan seorang wanita dewasa. Ketika dia bertanya tentang si gadis, wanita itu sama sekali tidak tahu. Saat Pak Tupai bertanya lagi soal amplop yang pernah dibelinya di tempat itu, wanita itu pun menjawab, tokonya tidak pernah menyediakan amplop semacam itu.

Pak Tupai amat terkejut. Ketika tanggal pembuatan amplop-amplop itu dia periksa, Pak Tupai lagi-lagi terheran-heran. Amplop itu ternyata produksi lama, dibuat sebelum Perang Dunia I. Ini sebuah kasus time-slip di mana kekuatan masa lalu menimpa masa kini. Pak Tupai telah tergelincir masuk ke zaman lain.

Tergelincir ke masa lalu bukan satu-satunya peristiwa tentang fenomena aneh ini. Ada juga peristiwa orang masuk ke masa depan sehingga ia dapat meramalkan atau mengetahui peristiwa yang terjadi di masa yang akan datang. Suatu hari seorang gadis bermimpi, kakak laki-lakinya akan mengalami kecelakaan dengan sebuah mobil berwarna merah. Mobil, jalanan, dan bagaimana kecelakaan itu akan terjadi tergambar dengan jelas dalam mimpinya. Beberapa hari kemudian, kecelakaan itu benar-benar terjadi persis seperti yang ada dalam mimpinya.

Dalam kasus lain seorang wanita terus-menerus bermimpi tentang sebuah rumah besar selama 20 tahun. Ketika suatu hari dia berkunjung ke rumah cantik Compton Winyates di Warwickshire, Inggris, dia langsung mengenali rumah itu sebagai rumah di dalam mimpinya. Mimpi ini tidak punya makna apa- apa. Si pemimpi sekadar memimpikannya. Seperti kenyataannya, tidak semua mimpi meramalkan masa depan. Hanya mimpi tertentu yang meramalkan kejadian-kejadian aneh.

Jangan biarkan penasaranmu tergantung.
Akses tanpa batas dengan Intisari Plus.