Kembali ke Intisari News
August 31, 2022
Orang Sial
Orang Sial
Orang Sial (Regularguy)
Penulis Intisari Plus
Editor Ade S

Intisari Plus - Ralph Nesbitt menemukan perusahaannya kebobolan maling senilai AS $100,000. Bernal yang selalu menghindar untuk merapatkan keamanan, selalu mangkir dari tugasnya. Apa hubungannya?

-------------------

Langit belum terang benar ketika sirine meraung-raung dari atap Jebson Commercial Company. Mengira ada kebakaran, orang-orang yang sedang sarapan segera meninggalkan meja makan, yang bercukur janggut meninggalkan cermin, dan yang tidur melompat bangun. Semua berlarian ke luar mencari tanda-tanda asap di langit. Tapi, asap itu tidak ada di mana-mana. Sirene masih tetap meraung-raung ketika manusia membanjiri jalan-jalan untuk berlerot seperti semut ke arah Jebson Commercial Company

Di sana mereka diberi tahu bahwa pintu-pintu ruang besi di perusahaan itu didapati dalam keadaan terpentang lebar. Sebuah pintu bahkan dibobol dengan gas karbit. Orang saling berpandangan. Tanpa berkata-kata pun mereka tahu bahwa gaji karyawan yang seharusnya dibayarkan hari ini, lenyap digondol perampok.

Jebson Commercial Company, perusahaan yang menghidupi Jebson City, biasanya membayar upah karyawan dua kali sebulan, yaitu pada tanggal 1 dan 15. Kemarin uang gaji dibawa dari Ivanhoe National Bank untuk disimpan di ruang besi itu. 

Fank Bernal, manajer pabrik perusahaan itu, yang memerintah Jebson dengan tangan besi, tiba untuk menangani musibah. Tanggung jawab memang terletak di pundaknya.

Sementara itu Tom Munson, satpam yang bertugas jaga di malam hari, ditemukan di ruang belakang. la mendengkur dengan asyiknya. Munson mabuk berat. Alarm anti maling yang dipasang enam bulan yang lalu dilumpuhkan dengan alat elektronik. Padahal alat itu begitu canggih. Kalau perampokan ini dilakukan oleh suatu geng, pasti salah seorang anggotanya ahli listrik. 

Ralph Nesbitt, akuntan perusahaan, tampak membisu saja. Setahun yang lalu, ketika Frank Bernal ditunjuk menjadi manajer, Nesbitt memberi tahu bahwa ruang besi mereka sudah tidak memadai lagi. Tapi Bernal menghindari pengeluaran uang dalam jumlah besar. la tidak mau membongkar ruang besi lama untuk menggantinya dengan yang lebih aman. la cuma memasang alarm antimaling dan menggaji seorang satpam khusus untuk berjaga di malam hari. 

Jangan biarkan penasaranmu tergantung.
Akses tanpa batas dengan Intisari Plus.