Kembali ke Intisari News
October 09, 2022
Penyamaran Demi Scream
Penyamaran Demi Scream
Penyamaran Demi Scream ()
Penulis Intisari Plus
Editor Ade S

Intisari Plus - Charley mendapat tugas mencari jejak pencuri lukisan Scream. Masterpiece karya Edvard Munch itu bernilai £ 37 juta itu ternyata jejaknya tak mudah ditelusuri.

-------------------

Senin pagi di bulan Mei 1994 telepon di kantor saya berdering. Yang menelepon ternyata pimpinan saya, John Butler. Bicaranya tidak berbelit-belit, “Charley, kamu sudah dengar tentang perampokan Munch?”

Tentu saja saya sudah mendengar tentang perampokan itu. Edvard Munch, pelukis terkenal asal Norwegia yang hidup dari tahun 1863 sampai 1944, terkenal dengan lukisan “Scream”. Itu lo, lukisan yang menggambarkan orang sedang berteriak sambil memegang kedua pipinya, berdiri di dekat sebuah pagar dermaga. Lukisan ini ada sekitar 50 versi.

Sepertinya Munch sudah tahu bahwa lukisan ini akan menjadi karya masterpiece. Karena itu, ia mengopi dalam jumlah besar. Versi terbaik lukisan ini adalah karya pertama yang berukuran 91x74 cm, menggunakan kapur pastel di atas karton dalam bingkai emas. Nilainya £ 37 juta dan tergantung di galeri nasional di Oslo.

Tanggal 12 Februari 1994, lukisan itu dicuri dengan memecahkan kaca dan hanya berlangsung dalam waktu kurang dari semenit! Pencuri sebelumnya mematikan alarm gedung sehingga kehadirannya tidak terdeteksi. Lima belas menit kemudian baru polisi datang dan tidak menemukan barang bukti, kecuali tangga dan kartu pos dengan tulisan “Terima kasih atas penjagaan yang kurang ketat”.

 

Menjadi pegawai museum

Jangan biarkan penasaranmu tergantung.
Akses tanpa batas dengan Intisari Plus.