Kembali ke Intisari News
June 03, 2022
Ternyata Dolar Palsu
Ternyata Dolar Palsu
Ternyata Dolar Palsu (pepi-stojanovski)
Penulis Intisari Plus
Editor Ade S

Intisari Plus - Dua orang pria berbelanja di sebuah toko besar dan membayar dengan dua lembar uang pecahan 20 dolar. Setelah meninggalkan toko, kasir menyadari ternyata uang tersebut palsu. Ini menggiring polisi pada sindikat pembuat uang palsu.

-------------------------

Hari Sabtu, 29 Desember 1973, cuaca sangat cerah di Zürich, kota terbesar di Swiss. Di PKZ, sebuah toko besar yang menjual pelbagai perlengkapan pria di Bahnhofstrasse, dua orang pria yang tampaknya seperti orang Inggris, membeli sepasang sarung tangan kulit dan sehelai baju kaus. 

Mereka membayar dengan dua helai uang dolar Amerika pecahan 20 dolar. Namun, beberapa saat setelah kedua pembeli itu meninggalkan toko, kasir PKZ, Gustav Huber, merasa waswas. Ia sudah terbiasa memegang uang dan merasa dolar yang masih baru di tangannya itu mempunyai kelainan.

Cepat-cepat tetapi diam-diam ia menyatakan kecurigaannya itu kepada manajer toko, Walter Meier. 

"Lekas bawa ke Schweizerische Volksbank," perintah atasannya itu.

Huber minta rekannya menggantikannya sebentar, lalu ia pergi ke bank yang cuma terpisah beberapa rumah dari PKZ.

Ketika Huber kembali, ia memperlihatkan kedua lembar uang dolar itu yang kini sudah berlubang-lubang, yaitu tanda yang diberikan kepada uang palsu. Meier segera meminta Huber dan pembantu yang lain, Robert Sulger, untuk mencari dua orang Inggris yang tadi membelanjakan uang itu.

Jangan biarkan penasaranmu tergantung.
Akses tanpa batas dengan Intisari Plus.