Kembali ke Intisari News
June 03, 2022
Gara-gara Burung Hantu
Gara-gara Burung Hantu
Gara-gara Burung Hantu (remy-gieling)
Penulis Intisari Plus
Editor Ade S

Intisari Plus - Demi burung, Caley Bridgeman bersusah payah merekam suara indah mereka. Nahas, Caley terpeleset dan ditemukan hanyut di sungai dengan tangan kaku yang bengkok. Diperkirakan ia tidak kecelakaan, melainkan dibunuh!

-------------------------

Di pagi hari sebelum meninggal, Caley Bridgeman terjaga pada saat burung-burung bel sudah mulai mengumbar kicauan subuhnya. la keluar dari kemahnya. Jauh di seberang sungai, di balik bayangan pepohonan, kelihatan dua Land Rover dan kemah - kemah lain: kemah istrinya, kemah anak tirinya, kemah David Wingfield, sipengawet binatang, dan kemah Solomon Gosse. Gosse, yang baru bertengkar dengan dia. 

"Ting. Ding," siul burung-burung bel. Malam ini kalau semuanya beres, kicauan mereka akan terpadu dengan kicauan si burung hantu - Ninox novaeseelandiae alias si ru-ru, alias burung morepork

Matanya menjelajah ke bibir tebing, tempat sebatang pohon beech menjulang ke langit. Peralatannya sudah ia sembunyikan di kaki pohon itu, siap untuk dipasang. Sekarang, paling tidak dua jam sebelum para penghuni kemah bangun, adalah waktunya untuk memasang.

Ia menyelinap di antara belukar dan semak duri menuju sebuah jembatan kasar yang dibangunnya sendiri melintasi sebuah celah sempit yang amat dalam. Di celah ini mengalir anak sungai yang bertemu dengan Sungai Wainui di dekat perkemahan. Muara itu sedang mereka bendung untuk dijadikan semacam kolam renang, tapi ia tidak ingin ikut-ikutan. 

Jembatan itu lebih dari 1 m panjangnya, terbuat dari dua batang kayu beech yang diletakkan di kedua tepian. Tujuh meter di bawahnya tampak kilat dan riak anak sungai itu. Lewat jembatan, sampailah ia di pohon itu. Semua alat perekamnya terbungkus di dalam tas-tas hijau yang kedap air dan tersembunyi di sebuah lubang di bawah akar pohon. 

Ia memanjat pohon untuk memasang mikrofon paraboliknya.

Jangan biarkan penasaranmu tergantung.
Akses tanpa batas dengan Intisari Plus.