Kembali ke Intisari News
August 03, 2022
Hukuman Dunia Maya
Hukuman Dunia Maya
Hukuman Dunia Maya (John Schnobrich)
Penulis Intisari Plus
Editor Ade S

Intisari Plus - Ada kasus bunuh diri gadis remaja setelah melakukan kencan online. Setelah pelakunya diketahui, masyarakat pun balas dendam.

-------------------

Kisah diawali dengan cerita cinta monyet antara Megan Meier (13) dengan pemuda enam belas tahun yang amat menarik bernama Josh. Kisah cinta khas remaja masa kini: lewat internet. Mereka berkenalan lewat blog MySpace. Kemudian, entah apa yang terjadi, pada 16 Oktober 2006, Josh memutuskan hubungan begitu saja. Tidak hanya itu, pemutusan cintanya dengan kata-kata yang sangat menusuk, “Have a shitty life. Dunia akan lebih enak tanpa ada kamu.” Malam itu, Megan gantung diri dengan ikat pinggang kain di dalam lemari pakaiannya.

Tragisnya, “Josh” ternyata hanya tokoh rekaan yang dibikin oleh Lori Drew (47), masih tetangga keluarga Meier. Bahkan tinggalnya cuma berselisih tiga rumah. la melakukan itu hanya dengan motivasi ingin mengetahui pikiran Megan tentang anaknya, karena kedua cewek yang berteman tersebut sedang bertengkar.

Lebih dari setahun setelah kematian Megan, pada 13 November 2007, hasil penyidikan yang mengungkap tipuan Lori Drew via internet itu dimuat secara online di Suburban Journal St. Charles. 

Ron Meier, ayah Megan, begitu mengetahui bahwa alamat rumah, nomor ponsel, segala informasi tentang bagaimana mengontak keluarga Drew bisa begitu mudahnya diperoleh lewat Google, ikut berkomentar. “Wah, hebat tuh. Mestinya segala informasi itu dipublikasikan sejak dulu. Mereka harus dibikin menderita, walaupun tidak separah keluarga kami, tapi paling tidak mereka ikut merasakan penderitaan kami.”

Begitu tahu soal kelakuan Lori, Ron Meier dengan marah menerjangkan truknya masuk ke lapangan rumput di pekarangan keluarga Drew. Ia membuang sebuah meja permainan yang sudah dirusak habis-habisan. Sedianya meja itu akan diberikan kepada anak Drew sebagai hadiah Natal.

Menyusul tindakan Ron, 25 November 2006 Lori Drew sampai memanggil polisi. Bulan Desember Lori Drew kembali terpaksa harus menelepon polisi karena ada yang melempar jendela dapurnya dengan batu bata. Bulan Januari, kembali ia lapor ke polisi, setelah, menurut laporannya, Ron berteriak, “Siapa lagi yang mau kaubunuh hari ini?” Bulan April, ada lagi orang yang menembak rumah Drew dengan paintball. Gara-gara laporan di jurnal yang tidak mengutip Lori Drew secara lebih lengkap, komunitas internet sudah menjatuhkan vonis bersalah kepadanya.

Jangan biarkan penasaranmu tergantung.
Akses tanpa batas dengan Intisari Plus.