Kembali ke Intisari News
August 31, 2022
Investigasi Lewat Buku Akuntansi
Investigasi Lewat Buku Akuntansi
Investigasi Lewat Buku Akuntansi (Markus Spiske)
Penulis Intisari Plus
Editor Ade S

Intisari Plus - Seorang ahli forensik akuntansi, Markopolos diminta menganalisa perusahaan saingannya. Selama dua dasawarsa, Madoff Investment terus laba. Di mana kejanggalannya?

-------------------

Boston, Amerika Serikat, suatu siang di tahun 1999.

Hari itu Markopolos mendapat tugas penting dari bosnya. Ini adalah tugas paling sulit yang pernah ia terima sepanjang kariernya di Rampart Investment Management. Sang bos ingin Markopolos meneliti sedetail-detailnya, bagaimana perusahaan saingannya, Bernard L. Madoff Investment Securities bisa terus membukukan laba tanpa pernah merugi selama dua dasawarsa. Jika rahasia perusahaan Madoff berhasil mereka curi, maka ini akan menjadi lompatan besar bagi Rampart Investment untuk meniru kesuksesan rival mereka itu.

Markopolos memang ahli di bidang forensik akuntansi yang biasa melakukan investigasi keuangan. Meski begitu, ini tetaplah tugas sulit. Madoff Investment terkenal sebagai perusahaan sekuritas yang menjaga rahasia bisnis seperti menjaga aib perusahaan. Tak banyak yang diketahui oleh publik mengenai strategi investasi perusahaan ini. Madoff Investment sangat tertutup dalam perkara ini.

Meski sangat tertutup, Madoff Investment adalah perusahaan sekuritas yang paling diminati di Amerika Serikat, bahkan di dunia. Para nasabah datang dari seluruh penjuru dunia. Tak ada yang mengherankan dengan fakta ini karena memang Madoff Investment menjanjikan keuntungan besar yang konstan sepanjang waktu. Tak ada kata rugi di perusahaan investasi ini. Seolah-olah di sini tak berlaku hukum investasi: makin besar untungnya, makin besar pula risikonya.

Kapan pun seorang nasabah datang menanamkan modalnya, maka ia akan mendapatkan keuntungan tahunan yang konstan sebesar minimal 10-17% sepanjang tahun. Tak peduli apakah perekonomian AS atau bahkan dunia sedang dilanda krisis. Markopolos berusaha mencari informasi tentang Madoff Investment dari berbagai sumber informasi pasar modal. Tapi tak satu pun sumber resmi yang bisa memberi informasi mengenai strategi investasi yang dijalankan oleh pemiliknya, Bernard Madoff. Strategi itu dianggap sebagai rahasia perusahaan yang tidak akan dibocorkan kepada pihak mana pun. Sebab, katanya, khawatir dijiplak.

Bahkan para penanam modal pun tak pernah tahu strategi yang dijalankan Madoff. Mereka hanya tahu bahwa uang mereka terus beranak-pinak. Bagi para penanam modal yang semata-mata mengharapkan keuntungan, strategi investasi mungkin tidak begitu penting. Tapi bagi seorang ahli forensik akuntansi seperti Markopolos, ini adalah fakta yang sungguh aneh. Di era keterbukaan seperti lazimnya bisnis lain di dunia modern, mestinya para penamam modal mendapat penjelasan gamblang mengenai uang yang mereka tanam.

Jangan biarkan penasaranmu tergantung.
Akses tanpa batas dengan Intisari Plus.