Kembali ke Intisari News
June 03, 2022
Jalan Menuju Timbuktu
Jalan Menuju Timbuktu
Jalan Menuju Timbuktu (Intisari Plus)
Penulis Intisari Plus
Editor Ade S

Intisari Plus - Ibnu Battuta telah mengarungi hampir seluruh dunia, kecuali Sahara, yang kemudian menjadi salah satu obsesinya. Dalam perjalanan terakhirnya ia banyak menghadapi rintangan alam yang tidak mudah. Apakah ia mencapai tujuannya?

-------------------------

"Pelancong terbesar di dunia!" Setidaknya itulah gambaran yang diberikan pada Abu'Abdallah Ibnu Battuta oleh para sejarawan. Pada abad ke-14, tidak banyak pria mau menyeberangi Gurun Sahara—katakanlah pada usia 49. Akan tetapi, bagi Ibnu Battuta, inilah tantangan terakhirnya sebelum hidup tenang dan layak di kampung halamannya, di Maroko.

Ibnu Battuta lahir di Tangiers, di pantai utara Maroko, tahun 1304. Ketika berumur 21, ia berziarah ke kota suci Mekah di Saudi Arabia. Perjalanan itu disebut pergi haji dan semua Muslim diwajibkan melakukan perjalanan ke sana—sekurangnya sekali seumur hidup, jika mampu. 

Sedikit yang diketahui Ibnu Battuta ke mana perjalanan itu akan membawanya: sepanjang pantai Afrika Timur hingga Mesir, Palestina, dan Suriah, bahkan sebelum ia pergi ke Mekah ... kemudian sebelum kembali ke rumah, ia mampir ke Irak, Iran, pantai timur Afrika, Oman, dan Teluk Persia, Asia Kecil (sekarang Turki), Laut Hitam, Konstantinopel, dan akhirnya India melalui Afganistan. 

Dari sana, ia mengunjungi Kepulauan Maladewa dan dilanjutkan ke timur menuju Tiongkok dan Indonesia. Sewaktu ia akhirnya kembali ke Moroko, telah menjelajah selama 24 tahun.

Bahkan dengan standar modern, Anda menganggap rentetan perjalanan itu bagi siapa saja sudah cukup. Namun, ada satu tempat yang masih ingin dikunjungi Ibnu Battuta, yaitu Mali, di selatan Gurun Pasir Sahara yang luas. 

Ia mendengar bahwa negara itu amat kaya, salah satu sumber emas terbesar dunia. Ia tak tahan untuk melanjutkan sebuah perjalanan terakhir; maka musim gugur tahun 1351, ia berangkat dari kota Fez menuju selatan.

Jangan biarkan penasaranmu tergantung.
Akses tanpa batas dengan Intisari Plus.